Susunan Membuat Makalah yang Benar

Susunan Membuat Makalah yang Benar

Susunan Membuat Makalah yang Benar | Selamat datang kembali di blog Iptek-Knowledge. Kali ini admin akan sedikit membahas tentang tutorial MS.Word. Yang menjadi topik pembahasan kali ini adalah bagaimana cara membuat susunan makalah dengan baik dan benar. Pasti diantara kalian tidak banyak yang mengetahui cara membuat makalah. Kalian bisa membuat makalah akan tetapi masih belum benar. Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya selaku admin di blog ini akan memberi sebuah informasi tentang cara membuat makalah dengan benar. Oke bagi kalian yang belum tau apa itu makalah saya akan jelaskan sedikit tentang hal itu. Makalah merupakan salah satu jenis karya tulis yang bersifat ilmiah yang di dalamnya berisi tentang permasahalan tertentu yang berdasarkan hasil dari kajian teori atau kajian lapangan yang telah disurvei terlebih dahulu. Dan pada umunya makalah dibuat untuk memenuhi tugas tertentu seperti tugas akademik.
Cara Membuat Susunan Makalah
1. Cover

Cover sangat dibutuhkan sebagai pelengkap atau bahan yang mempercantik makalah kalian. biasanya cover ini berada pada depan halaman makalah yang anda buat. Sesuai dengan namanya cover yang berarti pelindung. Cover ini bertugas untuk melindungi makalah anda. 

2. Daftar Isi

Daftar isi wajib kalian buat karena daftar isi ini akan membatu para pembaca untuk mencari sesuatu yang ada pada makalah anda. Biasanya dosen atau guru anda sangat membutuhkan hal ini.

3. Kata Pengantar

Kata Pengantar digunakan untuk kata - kata harapan atau tujuan dari dibuatnya sebuah makalah. 

4. BAB I Pendahuluan

Setelah anda membuat kata pengantar barulah anda masuk kepada materi yaitu pendahuluan. Biasanya didalam pendahuluan terdapat : Latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat.

5. BAB II Pembahasan

Pembahasan makalah merupakan sebuah isi dari makalah. Pembahasan ini terkait dengan penelitian yang anda telah lakukan. Dalam pembahasan inilah semua materi akan anda tuangkan. Pada intinya pembahasan berisi tentang jawaban dari rumusan masalah pada Bab I.

6. BAB III Penutup

Pada Bab III hanya berisi penutup atau kesimpulan dan saran dari sebuah makalah yang telah anda buat.

7. Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi tentang referensi - referensi yang telah membantu dalam pembuatan sebuah makalah yang telah anda buat. Biasanya pada daftar pustaka berisi link website yang telah membantu anda ataupun buku - buku yang telah anda baca.

Demikian artikel kali ini dari IPTEK-KNOWLEDGE tentang Susunan Membuat Makalah yang Benar. Semoga membantu, jika kalian memiliki pertanyaan silahkan tuliskan dikolom komentar dibawah ini.

Berlangganan untuk menerima update software gratis: